Senin, 17 Februari 2014

Rumah Adat Tradisional Jawa Barat

Rumah Adat Trdisional Jawa Barat
Rumah Adat Tradisional Jawa Barat- Melodys Blog's- Asalamualaikum, kali ini saya ingin membahas tentang sejarah dan asal-usul atau asal mula rumah adat tradisional Jawa Barat atau rumah adat suku Sunda dan jenis-jenis rumah adat Jawa Barat. Bagaimana dengan struktur dan fungsi srta manfaat rumah adat sunda ini, nanti kita akan membahas tentang penjelasannya juga juga.

rumah adat Jawa Barat sangat banyak macamnya. Sesuai dengan struktur dan arsitektur yang di lihat dari jenis atapnya. Beda atap beda pula fungsi dan manfaat rumah. Berikut ini contoh rumah adat Jawa Barat yang mempunyai arti berdasarkan bentuk atapnya.

Jenis-jenis Rumah Adat Tradisional Jawa Barat :

1.Badak Heuay
Bentuk atapnya memanjang sepeti togog yang mempunyai bentuk unik yaitu bentuk atap dengan bagaian depan dan belakang yang memanjang sehingga kalau di lihat seperti binatang seekor badak.


2.Jolopong
Jolopong adalah salah satau rumah adat jawa barat yang memiliki bentuk memanjang seperti pelana kuda. Masyarakat sunda sering menyebutnya sebagai "gagajahan atau regol.



  3.Tagog Anjing
Keunikan rumah tipe ini adalah bentuknya yang menyerupai binatang anjing yang sedang duduk.


4.Perahu Kemureb (Nangkub)
Keunikan rumah iniadalah bentuk atabnya yang menyerupai bentuk perahu yang terbalik.


5.Buka Palayu
Dengan desain yang unik dengan teras yang panjang dan luas. Dengan bentuk atap yang hampir sama dengan bentuk atap rumah adat betawi.

6.Capit Gunting
Rumah adat Jawa Barat ini terbilang unik. Karena bentuk dan struktur rumah yang cantik. Ada lagi, yaitu bentuk atap-atapnya yang menyerupai gunting pada unjung atap

7.Julang Ngapak
Nah yang satu ini juga unik yaitu bentuknya yang seperti burung terbang di langit.

 

0 komentar:

Posting Komentar